Alur Logika Pemrograman Komputer

Pemrograman Dasar adalah pemrograman yang memberikan dasar-dasar logika dimana sintak-sintak yang diberikan bersifat universal dan lebih mengedepankan pembentukan pola pikir Peserta didik tentang bagaimana membuat sebuah program yang efektif dan efisien.
Dengan menguasai dasar-dasar algoritma diharapkan terbentuk pola pikir Peserta didik tentang bagaimana menyelesaikan masalah nyata dalam bentuk rangkaian langkah-langkah algoritma dan menyajikannya dalam bahasa natural, pseudocode dan flowchart. Dalam pembahasan buku ini juga dikenalkan struktur percabangan dan perulangan yang sering muncul dalam masalah pemrograman komputer.

Perkembangan teknologi saat ini berjalan sangat cepat, terutama teknologi informasi dan komunikasi. Kebutuhan akan kecepatan akses dan pengolahan informasi menjadi satu kebutuhan masyarakat modern. Sebagai contoh saat ini hampir semua layanan baik yang diberikan pemerintah, swasta, perusahaan, toko dan sebagainya sudah memanfaatkan sistem informasi, baik dalam bentuk program aplikasi komputer (aplikasi komputer), web, dan sebagainya.


program-program komputer ini sangat membantu baik penyedia layanan, maupun masyarakat sebagai pihak konsumen, karena pelayanan menjadi lebih cepat dan mudah. Kalian bisa membayangkan, bagaimana jika sebuah supermarket tanpa dilengkapi dengan aplikasi kasir. Satu persatu barang harus dilengkapi harganya, kasir harus menghitung semua belanjannya dengan kalkulator, jika pelanggan membeli barang satu troli penuh, berapa lama waktu yang diperlukan untuk, melayani satu pembeli? Tentu ini akan menghabiskan tenaga dan waktu yang banyak. Dengan adanya aplikasi kasir lengkap dengan barcode reader semua menjadi sangat mudah dan cepat. Pelanggan pun tidak perlu lama-lama menunggu dan mengantri.

Aplikasi komputer tersebut dibuat dengan software-softwrae pengembangan aplikasi seperti Java, Visual basic, Delphi, dan sebagainya. Dalam pembuatan sebuah aplikasi, pengembang software harus terlebih dahulu mengenali permasalahan dan tujuan aplikasi, untuk kemudian menyusun solusi permasalahan dalam bentuk langkah-langkah yang disebut dengan algoritma, kemudian menuangkannya dalam kode-kode pemrograman sesuai dengan teknologi yang digunakan apakah Java, VB, Delphi atau yang lain.

Coba perhatikan beberapa instruksi/langkah-langkah kerja berikut.

Langkah-langkah Menghitung Volume balok Input: panjang, lebar, dan tinggi balok dalam cm
1) Masukkan panjang balok
2) Masukkan lebar balok
3) Masukkantinggibalok
4) Hitungvolumebalokadalahhasildaripanjangxlebarxtinggibalok
Definisi Algoritma
Dilihat dari istilahnya algoritma, berasal dari nama seorang matematikawan muslim bernama Abu Ja‟far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi (780 M-850), yang oleh orang barat menyebut Al- Khuwarizm sebagai Algorism, yang diartikan proses menghitung dengan angka arab. Salah satu karya beliau yang monumental adalah buku berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction), yang menjadi cikal bakal istilah “Aljabar” (Algebra) yang dipakai hingga sekarang ini. Seiring dengan perkembangan jaman isitilah „Algorism‟ berubah menjadi algorithm yang kemudian diartikan sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma.
Menurut definisi, algoritma adalah urutan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Dalam beberapa konteks, algoritma dapat diartikan urutan langkah-langkah yang spesifik (tertentu) untuk melakukan suatu pekerjaan.
Struktur Algoritma
Inti dari algoritma adalah menemukan solusi dari suatu permasalahan. Untuk menyelesaikan masalah, algoritma membutuhkan spesifikasi input (masukan) sesuai yang diperlukan, memprosesnya melalui serangkaian langkah-langkah dan menghasilkan output sebagai solusi dari permasalahan.
Pengertian Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah  logis yang digunakan untuk menyelesaikan masalah
Program merupakan kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu berupa software
Algoritma pemrograman merupakan langkah-langkah tersetruktur yang tepat dan terperinci yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam proses perancangan sebuah program komputer
Bahasa pemrograman yang  berarti  bahasa  yang digunakan dalam pembuatan program komputer. contoh bahasa pemrograman : C, C++, Pascal, Phyton, Qbasic, Visual Basic, Java, PHP. dll
Contoh Algoritma :
Algoritma memasak mie instan prosesnya adalah :
Memanaskan air, membuka pembungkus mie instant (tentunya), memasukkan mie ke dalam air, taruh bumbu di piring, angkat mie jika sudah masak, campurkan dengan bumbu yang sudah ada di piring dengan mie.
Contoh Analogi Algoritma 1 :
Algoritma mengirim surat prosesnya adalah :
Jika seseorang ingin mengirim surat kepada kenalannya di tempat lain, langkah yang harus dilakukan adalah:
Langkah :
  • Menulis surat
  • Surat dimasukkan ke dalam amplop tertutup
  • Amplop dikasih alamat penerima dan pengirim
  • Amplop ditempeli perangko secukupnya.
  • Pergi ke Kantor Pos terdekat untuk mengirimkannya
Apa Itu Algoritma ?
Definisi :
Algoritma adalah serangkaian langkah-langkah yang disusun menjadi urutan logis kegiatan untuk mencapai tujuan.
Kamus Besar Bahasa Indonesia: Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah.
Dimana posisi Algoritma ?
Algoritma dibutuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu dalam menyelesaikan masalah.
Tujuan Algoritma : Masalah > Program > Komputer > Solusi / hasil
Program adalah suatu implementasi dari bahasa pemrograman.
Beberapa pakar memberi formula bahwa :
Program = Algoritma + Bahasa Pemrograman (Struktur Data)
Komponen dalam merancang Algoritma : Input + Proses + Output
Struktur Penulisan Algoritma :
Ciri Algoritma
  • Algoritma mempunyai awal dan akhir
  • Setiap Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda (ambigu)
  • Memiliki masukan (input) atau kondisi awal
  • Memiliki keluaran (output) atau kondisi akhir
  • Algoritma harus efektif; bila digunakan benar – benar menyelesaikan persoalan.
Aturan Penulisan Algoritma
Setiap Struktur Algoritma akan selalu terdiri dari tiga bagian yaitu :
  • Bagian Deklarasi / Kamus
  • Bagian Algoritma
Secara umum struktur Algoritma terdiri dari 3 bagian, yaitu :

1. Nama/judul Algoritma/ Bagian Kepala /Judul (Header)
Bagian teks algoritma yang digunakan sebagai tempat mendefinisikan nama program dengan menentukan apakah teks tersebut adalah program, prosedur, fungsi.  Algoritma memberikan gambaran secara singkat apa tujuan dari Algoritma, misalkan nama resep masakan, petunjuk melakukan sesuatu, jadwal kegiatan, langkah-langkah penyelesaian sebuah masalah, dan sebagainya. Pemberian nama Algoritma disarankan singkat dan jelas, namun sudah mewakili maksud dari algoritma. Dalam Algoritma komputer biasanya nama algoritma dituliskan tanpa menggunakan spasi, misalkan
Algoritma VolumeBalok atau Algoritma Volume_Balok

2. Bagian Deklarasi / Kamus

Bagian deklarasi merupakan tahap persiapan dari algoritma. Pada bagian ini dijelaskan kebutuhan agar algoritma dapat berjalan. Istilah lainnya di sinilah alat dan bahan didefinisikan. Dalam algoritma pemrograman, bagian deklarasi menjelaskan input (masukan) apa saja yang akan diproses oleh algoritma termasuk jenis data input (tipe data), juga output apa yang akan dihasilkan serta semua hal yang akan dipakai dalam algoritma. Yang didefiniskan dalam algoritma ini termasuk variabel, tipe data, konstanta, nama prosedur, tipe, dan fungsi, yang akan kita pelajari.

3. Bagian Deskripsi
Pada bagian ini dijelaskan serangkaian langkah-langkah (instruksi) atau pernyataan (statement) untuk memproses alat dan bahan atau inputan untuk menghasilkan output sesuai yang diharapkan. Langkah-langkah dalam algoritma dituliskan dari atas ke bawah. Urutan penulisan menentukan urutan perintah.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut :

perhatikan contoh lain berikut :
SOAL :
1. Apa yang dimaksud dengan algoritma?
2. Sebutkan 3 bagian algoritma
3. Sebutkan langkah-langkah memasak mie instan menggunakan kaedah algoritma seperti di contoh.
KEMUDIAN TULIS DAN JAWAB DI BUKU TULIS KEMUDIAN UPLOAD DI https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfeQLTNzV2kdeDscvkKXUZW86X0YtusymFWAcsBTITZpQQZKQ/viewform